Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Pentingnya Imunisasi Anak untuk Mencegah Penularan Penyakit

PENTINGNYA IMUNISASI ANAK

Ditulis oleh : Nurul Baiti, S.K.M.

Upaya preventif dalam rangka mencegah penyakit salah satunya melalui pemberian imunisasi. Proses imunisasi bertujuan untuk membuat seorang anak terbentuk kekebalan imun terhadap agen penyakit tertentu dengan cara memberikan vaksin kedalam tubuh. Terdapat 5 Imunisasi dasar lengkap yang perlu orang tua ketahui. Imunisasi dasar lengkap diberikan sejak bayi baru lahir hingga usia 18 bulan.

Gambar : Imunisasi

Apa saja Imunisasi dasar Lengkap?

Berikut ini jenis-jenis imunisasi dasar lengkap yang perlu orang tua ketahui.

1.Imunisasi Hepatitis B

Vaksin hepatitis B (HB 0) diberikan pada bayi sesaat setelah bayi lahir atau dalam waktu 0-24 jam. Pemberian imunisasi ini bertujuan untuk mencegah Hepatitis B dan Kerusakan hati.

2.Imunisasi BCG

Pemberian vaksin BCG bertujuan untuk mencegah terhadap penyakit TBC (Tuberculosis). Vaksinini diberikan pada bayi usia 1 bulan.

3.Imunisasi POLIO,IPV

Imunisasi Polio, IPV bertujuan untuk mencegah penularan penyakit polio. Penyakit polio dapat menyebabkan terjadinya lumpuh layuh pada tungkai maupun lengan. Imunisasi polio 1 mulaidiberikan pada anak usia 1 bulan. Polio 2 diberikan pada anak minimal usia 2 bulan dan minimal dalam jeda 4 minggu setelah polio 1 diberikan. Polio 3 diberikan pada anakusia 3 bulan setelah jeda minimal 4 minggu dari pemberian polio 2 dan Polio 4 diberikan pada anak usia 4 bulan dengan jeda pemberian minimal 4 minggu setelah polio 3 diberikan. Selain imunisasi polio, IPV diberikan pula saat anak usia 4 bulan.

4.Imunisasi DPT HB HIB

Imunisasi ini diberikan untuk mencegah beberapa penyakit infeksi yaitu difteri yang menyebabkan penyumbatan jalan nafas, batuk rejan (100 hari), tetanus, Hepatitis B yang menyebabkan Kerusakan hati dan infeksi HIB menyebabkan meningitis (radang selaput otak). Imunisasiini diberikan pada usia 2,3,4, dan 18 bulan.

5.Imunisasi CAMPAK

Pemberian imunisasi campak dilakukan untuk mencegah penyakit campak yang dapat mengakibatkan komplikasi radang paru, radang otak dan kebutaan. Campak diberikan pada anak usia 9 bulan dan campak lanjutan pada anak usia 18 bulan.

Kapan Waktu Pemberian Imunisasi?

Berikut ini ringkasan terkait kapan jadwal imunisasi pada anak yang perlu diketahui orangtua.

Usia
Imunisasi
0-24 jam
HB 0
1 bulan
BCG, Polio 1
2 bulan
DPT-HB-Hib 1, Polio 2
3 bulan
DPT-HB-Hib 1, Polio 3
4 bulan
DPT-HB-Hib 1, Polio 4, IPV
9 bulan
Campak
18 bulan
DPT-HB-Hib lanjutan dan campak lanjutan

Dimana Pemberian Imunisasi ?

Imunisasi dapat diperoleh di Puskesmas, Posyandu, polindes, bidan praktik, rumah sakit ataupun tempat fasilitas kesehatan.

Catatan Imunisasi Anak yang perlu orang tua ketahui.

  1. Jarak antara (interval) pemberian vaksin DPT-HB-Hib minimal 4 minggu (1 bulan) dan begitu pula untuk pemberian vaksin polio.
  2. Anak usia diatas 1 tahun yang belum lengkap imunisasinya tetap harus diberikan imunisasi dasar lengkap. Jika saat sakit batuk, pilek, demam ringan konsultasikan kepada dokter/tenaga kesehatan.
  3. Pemberian Imunisasi DPT-HB-Hib lanjutan diberikan minimal 12 bulan setelah pemberian imunisasi DPT-HB-Hib dan dapat diberikan dalam rentang usia 18-24 bulan.
  4. Pemberian imunisasi campak lanjutan diberikan minimal 6 bulan setelah pemberian imunisasi campak terakhir dan dapat diberikan dalam rentang usia 18-24 bulan.
Setelah mengetahui pentingnya imunisasi pada anak dalam mencegah penularan penyakit, maka dapat dilihat kembali KMS untuk mengetahui jadwal imunisasi pada anak dan kelengkapan sesuai usianya. Imunisasi lengkap anak sehat dan tercegah dari penularan penyakit infeksi.

Informasi kesehatan secara lengkap, silakan kunjungi channel youtube (Nurul) di : Nurul Baiti

Note : Silakan bagi teman-teman yang ingin meng-copy artikel ini. Mohon sertakan sumber aslinya. Terima Kasih :-)

Post a Comment for "Pentingnya Imunisasi Anak untuk Mencegah Penularan Penyakit"