Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Siapa Capres Yang Banyak Dicari di Website? Yuk Simak Hasil Analisa Data Google Trends! (Anies Baswedan, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo)

Ditulis oleh : Dimas Purbo Wicaksono Fenda Putra, S.E.

Metode Yang Digunakan

Google Trends adalah fasilitas tools dari Google yang dapat dimanfaatkan dan digunakan secara gratis. Fasilitas ini sering dipergunakan untuk melakukan pencarian topik, melakukan riset keyword (kata kunci) yang sedang populer dan banyak dicari. Tools ini juga mempermudah pengguna dalam melakukan analisa sederhana terhadap suatu fenomena yang sedang viral di dunia maya, tampilan UI yang sederhana dan informatif menjadikan tools ini populer dipergunakan.

Data yang dipakai dalam analisa ini adalah data penelusuran web yang bersumber dari google trends.

Hasil dan Analisa

Minat Seiring Waktu – Berdasarkan Penelusuran Web (7 Januari s/d 15 Januari 2024)

 
 
 
 
 

 

  • Tanggal 7 Januari 2024 sebelum debat capres dan pasca debat capres, hasil penelusuran website google menempatkan Anies Baswedan di posisi pertama sebagai capres dengan tingkat penelusuran di website paling banyak diantara capres lain. Anies Baswedan mendapatkan poin 92, diposisi dua Ganjar Pranowo dengan poin 45, dan posisi ketiga Prabowo Subianto dengan poin 43.
  • Tanggal 8 Januari 2024 satu hari pasca debat capres, hasil penelusuran website google menempatkan Anies Baswedan di posisi pertama sebagai capres dengan tingkat penelusuran di website paling banyak diantara capres lain. Anies Baswedan mendapatkan poin 100, diposisi dua Prabowo Subianto dengan poin 52, dan posisi ketiga Ganjar Pranowo dengan poin 38.
  • Tanggal 9 Januari 2024 dua hari pasca debat capres, hasil penelusuran website google menempatkan Anies Baswedan di posisi pertama sebagai capres dengan tingkat penelusuran di website paling banyak diantara capres lain. Anies Baswedan mendapatkan poin 97, diposisi dua Prabowo Subianto dengan poin 47, dan posisi ketiga Ganjar Pranowo dengan poin 31.
  • Tanggal 10 Januari 2024 tiga hari pasca debat capres, hasil penelusuran website google menempatkan Anies Baswedan di posisi pertama sebagai capres dengan tingkat penelusuran di website paling banyak diantara capres lain. Anies Baswedan mendapatkan poin 76, diposisi dua Prabowo Subianto dengan poin 31, dan posisi ketiga Ganjar Pranowo dengan poin 26.
  • Tanggal 11 Januari 2024 empat hari pasca debat capres, hasil penelusuran website google menempatkan Anies Baswedan di posisi pertama sebagai capres dengan tingkat penelusuran di website paling banyak diantara capres lain. Anies Baswedan mendapatkan poin 69, diposisi dua Prabowo Subianto dengan poin 29, dan posisi ketiga Ganjar Pranowo dengan poin 23.
  • Tanggal 12 Januari 2024 empat hari pasca debat capres, hasil penelusuran website google menempatkan Anies Baswedan di posisi pertama sebagai capres dengan tingkat penelusuran di website paling banyak diantara capres lain. Anies Baswedan mendapatkan poin 66, diposisi dua Prabowo Subianto dengan poin 24, dan posisi ketiga Ganjar Pranowo dengan poin 21.
  • Tanggal 13 Januari 2024 empat hari pasca debat capres, hasil penelusuran website google menempatkan Anies Baswedan di posisi pertama sebagai capres dengan tingkat penelusuran di website paling banyak diantara capres lain. Anies Baswedan mendapatkan poin 65, diposisi dua Ganjar Pranowo dengan poin 21, dan posisi ketiga Prabowo Subianto dengan poin 20.
  • Tanggal 14 Januari 2024 empat hari pasca debat capres, hasil penelusuran website google menempatkan Anies Baswedan di posisi pertama sebagai capres dengan tingkat penelusuran di website paling banyak diantara capres lain. Anies Baswedan mendapatkan poin 54, diposisi dua Prabowo Subianto dengan poin 21, dan posisi ketiga Ganjar Pranowo dengan poin 19.
  • Tanggal 15 Januari 2024 empat hari pasca debat capres, hasil penelusuran website google menempatkan Anies Baswedan di posisi pertama sebagai capres dengan tingkat penelusuran di website paling banyak diantara capres lain. Anies Baswedan mendapatkan poin 35, diposisi dua Prabowo Subianto dengan poin 13, dan Ganjar Pranowo dengan poin 13.

Minat Seiring Waktu – Berdasarkan trend pencarian (7 Januari s/d 11 Januari 2024)

1.Anies Baswedan

2.Prabowo Subianto

3.Ganjar Pranowo

Poin Penelusuran dari ketiga capres menunjukkan trends penurunan pencarian web sejak adanya debat capres kedua (7 Januari 2024) sampai tanggal 15 Januari 2024. Trends penurunan ini terjadi di semua capres. Namun poin penelusuran terbanyak dari ketiga capres masih dipegang oleh capres nomor urut satu Anies Baswedan.

Kesimpulan :

Dari hasil data google trends untuk pencarian di web menunjukkan capres nomor urut satu Anies Baswedan unggul dari kedua capres. Sejak adanya debat capres tanggal 7 Januari 2024 s/d 15 Januari 2024, trends pencarian terhadap ketiga capres di web terus mengalami penurunan. Penurunan ini bisa disebabkan karena beberapa faktor, antara lain karena mayoritas warganet mencari informasi tidak lagi semuanya mengandalkan web, walaupun masih ada yang mencari informasi melalui web, namun topik yang dicari tidak sepenuhnya tentang kontestasi pilpres. 

Proses Mendapatkan Hasil Analisa : Klik disini

Artikel Tentang Hasil Analisa : Klik disini

Post a Comment for "Siapa Capres Yang Banyak Dicari di Website? Yuk Simak Hasil Analisa Data Google Trends! (Anies Baswedan, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo)"