Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

PENGALAMAN MENGIKUTI TES CACT BKN TAHUN 2024

MENGIKUTI TES CACT BKN DI TAHUN 2024

Ditulis oleh : Dimas Purbo Wicaksono Fenda Putra, S.E.

A.Penjelasan Singkat Mengenai Tes

Komputer Assissted Competency Test (CACT) digunakan untuk mengukur sejauh mana tingkat Kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN). Saat ini CACT baru diberlakukan untuk PNS. Dalam tes ini terdiri dari beberapa materi antara lain : Manajerial dan Sosio Kultural, Managing Skill, dan Literasi Digital. Tes Manajerial dan Sosio Kultural lebih ke bagaimana kamu mengambil sebuah Keputusan ketika dihadapkan suatu kejadian. Contoh soal : Di kantor anda dilarang merokok dan teman anda merokok dikantor, tindakan apa yang akan anda lakukan? Pilih jawaban sesuai diri kamu sendiri (karena itu nanti yang menentukan standar kompetensi kamu), tidak ada jawaban yang salah di materi ini, semua jawaban memiliki nilai.

Berikutnya adalah Managing Skill, tes ini lebih ke pengujian logika berpikir kamu. Sama dengan Tes Intelegensi Umum (TIU) di CPNS, Managing Skill memiliki soal yang lebih mudah dan kamu hanya diminta mencari pola gambar serta menentukan angka yang ditampilkan di soal. Contoh soal : (- ? I =) dari keempat pola tersebut manakan yang berbeda? Pilih jawaban yang sesuai. Selain pola juga disediakan soal berupa perhitungan angka. Tes ini berbentuk pilihan ganda dan essay, untuk essay kamu hanya perlu mengetikkan hasil angka yang menurut kamu benar. Tidak ada pengurangan nilai dalam tes ini, tetapi jika dibanding Manajerial dan Sosio Kultural, jawaban pada tes ini hanya ada satu yaitu jawaban yang benar. Tidak semua jawaban memiliki nilai.

Terakhir adalah Literasi Digital, di tes ini kamu akan diuji seberapa luas pengetahuan kamu tentang teknologi. Pembahasan lebih ke kegiatan sehari-hari kamu menggunakan teknologi (dalam pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari). Contoh soal : Saat melakukan print dokumen tiba-tiba kertas tidak mau keluar karena macet. Apa yang kamu lakukan? Pilihlah jawaban yang sesuai dengan masalah tersebut. Selain itu soal-soal tentang penggunaan sosial media yang biasa kamu pergunakan. Intinya dalam tes ini kamu akan di lihat seberapa luas pengetahuan kamu tentang teknologi.

B.Prepare Sebelum Tes

CACT dilakukan di kantor BKN masing-masing regional, ada 2 waktu tes : pertama, tes dilakukan pada pagi hari pukul 8.00 dan berakhir paling lama pukul 14.00. Sesi kedua berakhir pukul 18.30 (masing-masing regional BKN memiliki waktu yang berbeda-beda, tetapi pengalaman penulis seperti itu). Sebelum pukul 7.00 peserta sudah harus hadir di lokasi untuk mengisi daftar hadir dan mendapatkan kartu peserta berbacode. Kemudian peserta boleh makan snack terlebih dahalu dan minum (snack dan minum disediakan oleh panitia). Pukul 7.30 peserta masuk ke ruang ujian, sebelum masuk kartu peserta discan barcode terlebih dahulu. Barang-barang bawaan tidak diperkenankan dibawa ke dalam ruang tes, semua dimasukan ke loker yang telah disediakan. Berbeda dengan tes CPNS yang super ketat, pada tes ini tidak ada pemerikasaan barang-barang bawaan, “jadi kalau mau bawa hp tidak ada yang mengetahui”. Pada Pukul 7.30 diisi dengan sambutan dari kepala masing-masing instansi dan sambutan dari pihak BKN Pusat maupun di regional. Dilanjutkan dengan pengarahan tentang tata cara tes oleh perwakilan dari BKN. Pukul 8.00 tes dimulai. Tes ini seyogyanya mampu diselesaikan dalam waktu 4 jam, akan tetapi biasanya peserta menyelesaikan soal lebih dari 4 jam. Disela sela tes kamu bisa izin ke toilet untuk buang air (ke toiletnya saat belum memulai waktu tes “di petunjuk tes”).

Tes manjerial dan sosio kultural, tes managing skill, dan tes literasi digital memilik sub tesnya masing-masing. Kamu hanya diberi waktu yang singkat untuk mengerjakan masing-masing sub tes. Hasil tes keluar ketika semua sub tes sudah selesai. Hasil tes meliputi “Optimal, Cukup Optimal, dan Kurang Optimal”. Hasil ini menampilkan persentase nilai pada tiap sub tesnya. Untuk persentase 90% ke atas sudah masuk dalam ketegori “Optimal”, nilai 85%-89% masuk dalam kategori “Cukup Optimal” dan nilai 85% kebawah masuk dalam katergori “Kurang Optimal”. Hasil penilaian nantinya akan menjadi pertimbangan instansi dalam pola karir kamu. Bagi yang masih kurang “Optimal” dilakukan langkah-langkah strategis agar bisa “Optimal”, seperti : diikutkan pelatihan atau semacamnya. Data hasil kompetensi nantinya diberikan ke tiap-tiap instansi dan dapat dilihat peserta di “MYASN BKN”. Selain itu, peserta dijanjikan memperoleh sertifikat hasil uji kompetensi CACT.

C.Kritik Pelaksanaan Tes

1.Panitia kurang tegas terhadap peserta, masih banyak peserta yang ngobrol saat ujian bahkan tertawa di saat ujian, hal ini menyebabkan peserta lain susah konsentrasi mengerjakan soal.

2.Tidak adanya pemeriksaan ketat terhadap barang bawaan ke dalam lokasi tes.

3.Bagi peserta yang sudah selesai dan masih ada di ruang ujian, panitia tidak sigap menegurnya, padahal peserta tesebut ngobrol dan menganggu konsentrasi yang lain.

4.Suasana di ruang ujian tidak seperti saat tes CPNS yang super ketat. Pada tes ini suasananya berubah-ubah, kadang bising, kadang sunyi, dan kalau sudah bising sangat merugikan peserta lain yang ingin fokus ke soal.

Post a Comment for "PENGALAMAN MENGIKUTI TES CACT BKN TAHUN 2024"